A Few Mistake on Blog Picture

July 22, 2015
Hy dear...
Saya ini termasuk yang paling suka blog walking, apalagi kalau lagi nggak ada kegiatan, tapi memang keseringan saya jarang meninggalkan jejak saat blog walking hahaha, mianhe ~
Tapi, saya janji, saya akan lebih sering meninggalkan jejak, kekeke.

Nah, karena keseringan blog walking, saya jadi sering melihat berbagai macam tipe atau jenis blog yang ada di dunia perbloggeran ini, dan ada satu hal yang saya sadari dan merupakan point terpenting dalam setiap blog, hal tersebut tidak lain adalah foto.

Karena blog merupakan media tulis, dan visual yg biasanya di gunakan untuk menunjang tulisan kita adalah foto. Oleh karenanya foto memiliki peran penting, terutama apabila kita seorang food blogger, fashion blogger, beauty blogger, ataupun apapun tema blog yang kita miliki (kecuali blog yang isinya hanya curahan hati saja, lol).

Mengapa penting? Karena dari foto tersebutlah, kita 'menjual' apa yang kita tulis. Saya sering menemukan ada sebuah postingan yang sangat menarik, tapi sayang nya, tidak untuk fotonya, dan menurut saya hal tersebut sangat di sayang kan sekali.


Well, saya sendiri merasa foto-foto untuk blog saya pun masih jauh dari kata sempurna, kadang suka ga fokus, kadang white contrast-nya terlalu tinggi, dan masih banyak lah silly-silly mistake pada foto saya. Tujuan saya nulis postingan ini, agar kita bisa sama-sama belajar untuk meningkatkan kualitas foto pada blog kita :) Di postingan ini saya nggak mau menggurui, dan sama sekali tidak memojokan ataupun mejelekan suatu blogger tertentu ya, postingan ini pure untuk kita belajar bersama, kekeke...

Kualitas Foto
Kesalahan-kesalahan yang paling sering saya lihat adalah, kualitas foto yang kurang baik. Memang sih, nggak semunya beruntung bisa memiliki kamera super ketje yang sekali jepret hasilnya langsung kinclong, saya sendiri tergolong masih menggunakan kamera jadul, walaupun DSLR sih, hehe. 
Blur, banyak noise, dan gelap.
Kualitas foto itu sangat penting, kalau fotonya blur, gelap, banyak semutnya, apakah pembaca bisa melihat dengan baik hasil dari suatu produk tersebut? Tidak kan? Lalu, bagaimana kita bisa meyakinkan pembaca bahwa produk tersebut layak di coba jika hasil foto kita saja tidak mendukung?

Sejadul-jadulnya smartphone kita, saya percaya, bahwa kamera belakang bawaan smartphone pasti memiliki kualitas yang cukup. Bisa di bilang, smartphone saya pun sangat jadul dan nggak kekinian, tapi untuk kamera belakangnya, cukup lah, masih layak untuk dimasukan ke dalam blog :p

Warna Foto
Terlalu terang
Selain kualitas, pencahayaan foto pun saya lihat masih banyak yang kurang, entah terlalu gelap/burem atau malah terlalu terang/putih. Saya sempat, membuat foto saya dengan white contrast yang terlalu tinggi, tapi makin lama saya sadar, foto seperti itu malah membuat mata pembaca sakit karena terlalu silau, dan warna asli dari produk tersebut pun agak "tercuci".

Background Ramai
Saya nggak ada contohnya sih, tapi saya sering menemukan ada beberapa blogger yang menggunakan background ramai untuk fotonya. Background ramai itu apasih? Background ramai itu misalnya, kalian menggunakan salah satu halaman majalah yang banyak foto serta tulisan untuk memfoto satu buah lipstik/eyeliner/bedak sekalipun, please dear, perhatian pembaca malah akan beralih ke background kalian daripada produk kalian, karena background yang ramai tersebut 'menenggelamkan' produk kalian karena jauh lebih berwarna dan bervariasi daripada packaging satu buah lipstik kalian, benar kan?

Kalau saya boleh saran, ada baiknya kita menggunakan background yang polos saja, agar para pembaca dapat langsung terfokus sama produk yang ingin kita 'jual'. Nggak susah kok, kalian bisa menggunakan kertas karton saja sebagai background kalian :)

Sejujurnya, saya masih memiliki beberapa point lagi yang ingin saya bahas, tapi saya ingin membuat perbandingan foto-fotonya juga, agar lebih jelas. Sementara untuk postingan ini saya hanya membahas 3 point yang paling sering saya temukan saja, So, please wait my second part ya ^^

Thanks for reading, see you on my next post.
Kisses!

PS : Saya hanya berbagi pendapat pada postingan ini, tidak bermaksud menggurui ataupun menjelekan pihak blogger tertentu :)

No comments:

Thanks for dropping by and read my blog post ^^
Have a good day, kisses !

Powered by Blogger.