Tip : Manfaat Teh Hijau untuk Kecantikan

August 14, 2015
Hy dear...

Saya membuat artikel ini karena hampir satu bulan ini saya sedang sangat menikmati mengkonsumsi teh hijau, kekekeke....

Teh hijau memang sudah sangat terkenal akan berbagai manfaatnya yang baik pada tubuh. Tidak hanya dalam aspek kesehatan, tetapi juga kecantikan. Saat ini teh hijau sangat terkenal dan dapat ditemukan dimana-mana, mulai dari makanan, minuman, produk kecantikan hingga hal-hal lainnya pun sarat akan teh hijau.

Saya sendiri tidak memiliki niatan khusus untuk mulai rajin mengkonsumsi teh hijau, hanya kebetetulan. Namun karena saya penasaran, saya pun mencari tahu manfaat-manfaat yang bisa diberikan teh hijau khususnya manfaat dalam hal kecantikan.

Selain itu, di postingan ini saya akan sedikit memberikan tip atau DIY yang bisa kalian lakukan dengan teh hijau, so please keep reading :)
PS : Some information are taken from various source

1. Menjaga kesehatan kulit
Teh hijau merupakan salah satu teh dengan tingkat anti oksidan yang paling tinggi. Anti oksidan sangat baik untuk kulit karena anti oksidant merupakan sifat zat atau senyawa nutrisi yang berguna untuk melindungi sel-sel dari dampak radikal bebas yang merusak. elain itu anti oksidan juga berperan dalam meningkatkan kemampuan kekebalan tubuh dalam melawan infeksi dan penyakit. Dengan rajin mengkonsumsi teh hijau, kita bisa mengurangi resiko terkena penyakit kanker kulit dan dapat mencegah datangnya keriput pada usia muda.

2. Mengontrol berat badan
Teh hijau mengandung anti oksidant alami yang lebih di kenal demgan polifenol katekin, dan pada teh hijau terdapat enam jenis katekin, dimana salah satunya adalah epigallocatechin gallate (EGCG). EGCG ini berperan untuk meningkatkan metabolisme dalam tuubuh, sehingga mengintensifkan tingkat oksidasi lemak dan mengubahnya menjadi kalori yang dapat membantu proses pembakaran lemak. Teh hijau juga dapat menekan nafsu makan.

3. Membersihkan jerawat
Pada umumnya, awal terciptanya jerawat disebabkan oleh kotoran, debu atau minyak yang menempel pada kulit wajah. Hal tersebut jika terus di biarkan akan menyumbat pori-pori wajah kita dan timbulah jerawat. Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, teh hijau memiliki kandungan anti oksidan yang cukup tinggi sehingga dengan mengkonsumsi teh hijau secara rutin dan teratur dapat membunuh bakteri atau infeksi penyebab timbulnya jerawat.

4. Menyehatkan rambut
Teh hijau dapat menghambat pertumbuhan DHT (Dihydrotestosterone). DHT ini terkenal sebagai salah satu yang menyebabkan rambut rontok. Senyawa teh hijau dapat bereaksi terhadap testoterone, sehingga jumlah dalam darah tetap seimbang sehingga tidak bereaksi dengan 5-alpha reductase dan berubah ke DHT. Dengan sifat antiseptiknya, teh hijau juga dapat mengatasi ketombe dan psoriasis. Teh hijau juga di kenal dapat merangsang pertumbuhan rambut dan mengembalikan kilau alami pada rambut anda berkat kandungan polifenol, Vitamin E dan Vitamin C pada teh hijau.

Yang biasa saya lakukan dengan teh hijau
- Meminum langsung teh hijau setiap hari nya secara rutin,

- Toner teh hijau, larutkan 2 kantung teh hijau pada 500ml air, diamkan hingga warna airnya berubah. Pindahkan air tersebut pada botol bersih, simpan di lemari es. Kalian juga bisa menjadikannya sebagai facial mist.

Biasanya untuk toner bisa bertahan selama satu hingga dua minggu(jika dai taruh di kulkas) namun apabila kalian merasa baunya sudah berubah, sebaiknya jangan di gunakan lagi ya :) Oh iya, jika kalian sedang mengalami jerawat meradang, biasanya saya suka menambah perasan air jeruk lemon ke dalamnya. Penggunaan air lemon bertujuan untuk cepat membunuh bakteri penyebab jerawat. But, be carefull karena akan terasa sedikit perih.

- Untuk meredakan mata sembab dan dark circle, jangan buang kantung teh yang telah kalian gunakan untuk membuat teh, kantung teh tersebut bisa kalian masukan ke dalam kulkas / freezer diamkan selama beberapa jam dan bisa langsung kalian gunakan sebagai masker pada mata kalian.

- Exfoliator, sama dengan point atas, jangan membuang kantong teh kalian, kalian bisa menggunakan daun teh tersebut yang telah di campur dengan madu atau yogurth sebagai exfoliator atau scrub untuk wajah kalian.

- Nah yang terakhir, gunakan teh hijau sebagai bilasan terakhir saat anda sedang keramas. Caranya larutkan 2-4 kantong teh hijau pada setengah liter air, dan gunakan sebagai bilasan terakhir untuk mendapatkan rambut yang lebat dan berkilau. Untuk step ini saya baru mencoba 2 kali, jadi belum terlalu terlihat hasilnya di rambut saya ^^

Sebenarnya masih banyak sekali manfaat yang di berikan oleh teh hijau, namun pada postingan ini saya hanya memfokuskannya pada bidang kecantikannya saja ^^ Nggak ada salahnya kalian mulai beralih dari teh biasa atau kopi ke teh hijau, karena kandungan teh hijau jauh lebih sedikit dari kedua minuman tersebut, dan selain itu banyak sekali manfaat dan khasiat yang di berikan teh hijau.

Eh tapi, bukan teh hijau dengan cream, green tea atau semacamnya ya, teh hijau yang benar-benar sehat adalah teh hijau yang di minum tanpa campuran apapun, jangan takut pahit, karena memang teh hijau tidak sepahit teh biasa pada umumnya ^^

Jadi apakah kalian tertarik untuk mulai mengkonsumsi teh hijau?
Tell me you opinion about green tea in the comment box bellow ^^

Thanks for reading, see you on my next post.

Kisses!

No comments:

Thanks for dropping by and read my blog post ^^
Have a good day, kisses !

Powered by Blogger.